baju wanita

Senin, 19 September 2011

Saat aku berdiet

Meskipun aku seorang ahli gizi, tapi aku juga seringkali kewalahan saat harus mengontrol nafsu makanku yg emang kadang-kadang WAW!

Dan, karena aku seorang ahli gizi maka dari itu aku harus tetap mempertahankan berat badan ideal. Yah, agak susah emang dengan nafsu makan begini :( tapi harus bisa, aku pasti BISA!

Jadi, ada saat dimana aku benar-benar kehilangan kontrol pada nafsu makan. Aku akan makan cake, minuman soda, makan nasi satu piring (bahkan 2 piring jika lauk'a kesukaanku), cokelat, cookies, dan cemilan lain yg pasti'a berkalori tinggi.

Hal seperti itu biasa'a terjadi saat menjelang "datang bulan" atau "saat datang bulan", berbeda-beda stiap bulan.

Tapi, pada hari-hari kehilangan kontrol nafsu makan itu, aku setiap hari pasti menimbang berat badan. Oleh karena itu, bagi kalian yg ingin mengontrol berat badan, kalian harus punya timbangan berat badan sendiri di rumah ya.

Aku masih bisa memaklumi jika berat badanku masih di bawah angka 52 kg karena tinggi badanku 155 cm, jadi masih dalam kategori IMT ideal. Tapi, klo sudah 52,1 kg apalagi 52,5 kg atau 53 kg ... tidak bisa nanti dan tidak bisa tidak, aku harus menghentikan pola makan yg WAW itu hari itu juga klo tidak mau kebablasan.

Bagi kalian yg belum tau bagaimana cara menghitung berat badan ideal, begini rumus'a:  
TB - 100 = BB ideal. Contoh menghitung: 155 cm - 100 = 55 kg. BB ini masih bisa ditoleransi +10%.

Sedangkan, klo mw menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) kalian begini rumus'a:
BB/TB (dlm meter kuadrat) = IMT. Contoh menghitung: Keiko mempunyai BB 52 kg dan TB 155 cm. Brp IMT Keiko? Jwb: 52/(1,55 x 1,55) = 21,6  >> IMT ideal adalah 20-22.

Klo IMT kalian dibawah 18,5 itu berarti kalian kekurangan berat badan dan klo diatas 25 berarti kalian mengalami kelebihan berat badan.

Dan, pola makanku saat diet adalah tetap harus makan, hanya saja porsi dan jenis makanan'a harus diganti. Ketika makan di luar rumah pun tidak boleh lengah.



Saat diet aku hanya makan setengah piring nasi dan harus stop meski merasa belum kenyang. Menghindari daging merah, ayam juga sebaik'a dihindari dulu atau jangan makan lemak dan kulit'a, aku lebih memilih makan ikan saat diet. Buah dan sayur diperbanyak, jadi akan tetap kenyang meski makan nasi'a hanya sedikit. Makan malam harus sebelum jam 7 malam, bahkan sebaik'a jam 5 sore. Malam'a makan buah atau sayur aja. Dan, tentu tidak ketinggalan olahraga minimal 30 menit 5x seminggu. Olahraga tidak harus pake alat atau fitness kok, klo aku biasa'a sih jalan di tempat di rumah, lompat-lompat kecil, dan aerobik.

Gimana? mw coba diet ala Keiko? Silahkan...

Tidak ada komentar: