baju wanita

Senin, 26 September 2011

Makanan Pendamping ASI

Si kecil tumbuh sehat dan tiba waktunya untuk makanan padat? Wah senang sekali ya moms. Tapi hati-hati, memberi makanan padat pada buah hati perlu dilakukan secara bertahap dan secermat mungkin! Memulai kebiasaan dan pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatannya. Bagaimanakah cara mengetahui bayi siap menerima asupan makanan padat serta porsi yang benar untuk memperkenalkannya?

Kapan waktu yang tepat?
Para ahli merekomendasikan bayi pada usia 6 bulan sudah bisa diberikan makanan padat. Karena pada usia itu, pencernaan bayi sudah lebih matang untuk menerima asupan selain ASI. Selain itu, WHO menganjurkan agar pada 6 bulan pertama, bayi hanya mendapatkan asupan ASI eksklusif dari sang ibu. Hal ini sangat penting, mengingat manfaat ASI yang begitu banyak (terutama untuk kesehatan si bayi).

MPASI (Makanan Pendamping ASI) terlalu dini
 pada bulan-bulan pertama, sistem pencernaan bayi belum berkembang secara sempurna. Jadi, makanan padat hanya akan menambah berat kerja sistem pencernaannya. Si kecil akan mudah tersedak karena belum bisa mengunyah makanan dengan benar.

Perkembangan saluran pernafasan dan daya tahan tubuhnya juga belum sempurna, sehingga dapat memperbesar potensi bayi tersedak.
Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi new moms saat waktunya tiba untuk memberikan makanan pendamping ASI:
  • Lakukan secara bertahap. Pada minggu pertama berikan makanan padat hanya pada pagi hari, kemudian secara bertahap siang dan malam
  • Mulailah dengan porsi kecil. Cobalah satu sendok bubur pada hari pertama, tingkatkan porsinya setiap hari
  • Banyak minum air. Bila saat mengunyah makanan, tiba-tiba si kecil muntah, berikanlah air putih untuk mengurangi mual. Pastikan terlebih dahulu tidak ada sisa makanan yang masuk ke jalan nafasnya.
  • Berikanlah buah-buahan. Buah-buahan cukup mengenyangkan dan mudah dicerna, serta kaya akan vitamin, mineral dan serat.
*Sumber: Prenagen.com

Tidak ada komentar: