baju wanita

Kamis, 22 Desember 2011

Sekelumit kisah Skripsi dan Ijasahku

Uwaah, akhirnya hari ini datang juga. Hari dimana akhirnya ijasah gw keluar dari sangkar emasnya, hahaha. Yatta! (goyang pinggul ala Jin Akanishi).
Secara udah setahun lebih gw abaikan aja, dia udah bete banget kali ya di sangkar emas ^^

Iya, gw udah lulus setahun yg lalu, tepatnya bulan Maret 2010. Tapiiiiiii, karena kendala revisi jadilah ijasah gw mengendap di kampus emas tercinta.

Yah, perjalanan skripsi gw emang penuh liku dan aral melintang *lebay.com*

Skripsi pertama gw yg penelitian eksperimen murni gagal dilaksanakan karena tidak mendapat ijin di lapangan. Dan, yg bikin gw kesel adalah kedua pihak yg gw mintai ijinnya tidak memberi tahu apakah proposal skripsi gw diterima atau ditolak. Mereka cuma mendiamkan gitu aja. Haduh, please deh ya bapak/ibu/mbak/mas/tante/om gw tuh ga bisa baca pikiran lu, apa mau lu? diterima atau ditolak proposal gw? Hhhh...

Gw nunggu keputusan dari kedua pihak itu selama berbulan-bulan, hampir enam bulan kayaknya. Gw tuh berpositif thinking klo mungkiiiin mereka butuh waktu untuk memutuskan, apalagi kerjaan mereka kan bukan cuma ngurusin proposal gw doang.

Dan, yg nambah-nambah adalah pembimbing pertama gw yg kekeuh banget supaya gw menjalankan proposal itu. Padahal gw udah menyatakan kepesimisan gw sama beliau dan minta ganti judul yg bukan eksperimen murni karena kayaknya agak sulit buat gw yg masih mahasiswa S1, tapi beliau tetep aja ga mau ganti, beliau bilang klo gw tetep jalanin proposal itu minimal nilai B udah di tangan dan klo gw bisa mempertahankan di depan dewan sidang maka gw bakal dapet nilai A.

Pasrah.

Enam bulan kemudian, sebulan lagi wisuda dan dua minggu lagi sidang, gw masih ribet cari-cari judul lain buat skripsi gw di perpus kampus, gw pikir klo gw terus ngikutin apa maunya pembimbing gw ini gw bakalan ga lulus-lulus.

Sewaktu gw jalan ke belakang kampus mau fotokopi beberapa jurnal, gw berpapasan sama Dekan gw, Pak Idrus Jus'at Ph. D (pernah dengar?) seperti kebiasaan gw cium tangan dong sama beliau, dan ga gw sangka-sangka Pak Idrus menanyakan perihal skripsi gw. Dan, gw jawab sejujur-jujurnya. Beliau kaget dan langsung menyuruh gw ikut ke ruangannya. Di ruangannya, gw dikasih materi untuk skripsi dan pembimbing 1 gw otomatis berganti dengan Pak Idrus. Jadilah, gw menyusun proposal secara kilat, hari itu dikasih materi yg tebal-tebal (bahasa Inggris semua pula) dan Pak Idrus sudah minta proposal sudah jadi 3 hari kemudian. Tapi gw baru mengumpulkan setelah 4 hari kemudian, karena Pak Idrus ada meeting di Bogor.

Dan, dimulailah hari-hari nyaris tanpa tidur gw. Gw bahkan tidur di depan laptop cukup dengan menelungkupkan kepala dan tidur selama 10 menit atau 20 menit paling lama, begitu terus setiap hari.
Gw bahkan ga tidur sama sekali waktu malam hari-H sidang skripsi, karena masih ada yg harus dibenerin.

Proposal selesai, Pak Idrus meminta Bab 4 dalam 3 hari kemudian. Selalu dalam rentang 3 hari. Tapi, menyusun Bab 4 yg merupakan pengolahan data tidak cukup cuma 3 hari, karena beberapa kali Pak Idrus salah memberikan instruksi, akibatnya gw harus mengolah ulang data-data yg berjumlah ribuan itu. Bahkan, gw sampai melibatkan adik gw dan mama. Adik gw bantu mengolah 600 data di laptop dan gw 600 data lainnya di komputer. Dan, mama menyuapi kami makan dan minum karena kami benar-benar sulit untuk beranjak dari posisi kami.

Gw rasa butuh sekitar 6-7 hari untuk mengerjakan Bab 4 dengan benar. Sisa 2 harinya adalah untuk menyusun Bab 5 dan 6 dan 1 hari lagi untuk konsul kilat dengan pembimbing kedua. Lucky Me, karena pembimbing kedua gw sangat baik.

Dan, setelah hari-hari melelahkan itu akhirnya gw dinyatakan lulus saat sidang dan mendapat nilai A. Ya, nilai A, tanpa perlu melakukan eksperimen murni. skripsi gw yg kedua ini adalah mengolah data sekunder berdasarkan penelitian RISKESDAS 2007. Gw ga perlu mengeluarkan dana untuk souvenir buat responden, bahkan ga perlu keluar rumah.

Friends, jangan berpikir terlalu keras untuk mendapatkan nilai A. It's so simple!
Yg terpenting adalah kalian memahami betul isi skripsi kalian dan bisa menjawab dengan baik dan meyakinkan saat penguji mengajukan pertanyaan.
Hal itu membuktikan klo kalian benar-benar mengerjakan skripsi kalian dengan usaha kalian sendiri, dalam artian kalian ga nyuruh rental ataupun bayar jasa orang atau yg lebih parah adalah plagiat skripsi orang lain.

Kemudian, muncul masalah lagi saat gw akan merevisi. Data gw ga mau diolah, padahal sebelumnya oke-oke aja. Gw ga ngerti, bener-bener ga ngerti, temen-temen gw juga ga ngerti. Gw bahkan sampe beli bermacam tipe SPSS, mulai dari 15, 16 dan 17 tapi tetep ga bisa. Gw juga bahkan menginstal program SPSS di rental, tetep juga ga bisa. Mumed deh!

Pada akhirnya gw mendapat panggilan kerja dan gw pun memutuskan untuk kerja dulu, kebetulan tempat gw kerja ga masalah hanya menerima transkip nilai aja.

Dan, baru bulan oktober kemarinlah gw mulai revisi lagi. Akhirnya sekarang Ijasah gw udah di tangan, Yay!

Rasanya tuh... rasanya... ya, biasa aja sih sebenernya, hehehe...
Tapi bener-bener legaaaa... setidaknya Pak Idrus bisa berhenti dateng ke mimpi gw buat mengingatkan revisi, hehehe...

Gw sih sebenernya agak kecewa karena proposal gw yg pertama gagal, karena gw tuh suka banget sama dietetik... dan perjuangan gw udah cukup total, sampe ke perpus IPB di Bogor naik kereta dan bahkan sampe nyebrang rel kereta waktu gw dan eef di oper ke kereta lain, serem banget deh waktu nyebrang rel, takut tiba-tiba ada kereta dateng dan pake manjat-manjat tembok buat naik ke peron. Untung dulu gw sering manjat pohon jadi ga canggung lagi, hehehe... belum lagi ke kawasan industri di Depok bareng Jey buat masukin proposal ke pihak pertama, trus ke RS sebagai pihak kedua sama adik gw, Dwi.

Gw sangat berterima kasih sama mereka yg udah bantuin gw selama membuat proposal skripsi gw yg pertama dan seluruh keluarga gw untuk skripsi gw. Tanpa dukungan mereka gw pasti udah down.

Tapi, gw juga bener-bener merasa sangaaaaat berterima kasih sama Pak Idrus karena klo gw ga "ketangkep" sama beliau, mungkin gw bahkan belum lulus sampe sekarang. Pak Idrus emang bapak bagi anak-anak gizi, sejak beliau masih menjabat Kaprodi (ketua jurusan). Sikap Pak Idrus yg sangat ke-bapakan bagi kami, anak-anak gizi sangatlah mengena di hati, membuat kami merasa tetap bersama bapak kami meski sedang di kampus. Gw merasa sangat beruntung menjadi bagian dari keluarga gizi Esa Unggul ^^

Dan, ini adalah hasil gw waktu nunggu Pak Idrus kemarin saat mau minta tanda tangan buat formulir pengambilan skripsi ^^

Muka bete
Ruangan Pak Idrus yg depannya ada galon
(agak blur ya? kayaknya tangan gw shaking deh waktu motret)
Pemandangan di depan gw selama menunggu


Tidak ada komentar: