Sabtu, 02 Juli 2011

Sup ayam jamur ala Keiko

Karena sedang ditinggal pulang kampung sama mama tercinta, jadilah tiap hari gw harus masak.
dan, kemarin tiba-tiba gw kepikiran pengen masak sup ayam. yah, biasa aja sih bumbu dan isinya, cuma yg bikin beda adalah ga ditambahin lada (krn lada habis dan warung tutup dan gw malas jalan ke warung yg jauh, kekeke). tapi, tetep enak ah. buktinya papa dan ade cowo gw ga complain tuh, hehehe. nah, tadi pagi gw teringat sama dua jenis jamur yg gw beli dua hari yg lalu yg masih nongkrong di kulkas dan muncullah ide untuk menambahkan kedua jamur beda negara itu ke dalam sup (Shiitake (hioko:cina) berasal dari dataran Tiongkok sedangkan Enoki dari Jepang, meski yg gw beli adalah import dari korea). --biasanya sih gw makan mereka bersama mie rebus atau gw tumis bareng brokoli--. dan, ternyata lumayan enak loh. rasa khas jamur shiitake-nya membuat rasa sup jadi sedikit berbeda tapi tetep enak. klo jamur enoki sih ga nambah rasa. karena itu jamur emang hampir ga berasa (menurut gw yah).

Jamur Shiitake

Jamur Enoki


Shiitake adalah jamur favorite gw cz bukan cuma rasanya yg unik, tapi juga berkhasiat bwt tubuh. seperti untuk mengobati masalah pernapasan, memperlancar peredaran darah, gangguan liver, mengatasi kelelahan, dan juga menghambat penuaan dini.
jamur Enoki juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, meski belum dibilang sbg jamur pengobatan.
semua jamur yg bisa dikonsumsi manusia memang kaya manfaat, karena itulah gw suka banget sama jamur baik jamur lokal maupun import. untuk jamur lokal gw suka jamur merang.

Dan, inilah penampakan sup ayam jamur ala keiko yg udah dipindahin ke mangkok.



karena, gw juga suka hati ayam. jadilah gw tambahkan sebagai pelengkap.

Telur puyuh disini adalah makanan tinggi kolesterol tapi gw suka banget untunglah ada para jamur itu yg bisa menurunkan kadar kolesterol maka gw ga khawatir kadar kolesterol gw akan melonjak ^^

Nah, ga ada salahnya kan jadi pecinta jamur kya gw? itung2 menghemat pengeluaran daripada beli krim kosmetik yg mahal. gw beli jamur Shiitake 92 gr seharga lebih kurang Rp. 10.000 (/kg lebih kurang Rp. 112.000 *pasti banyak banget tuh, jamur ini kan enteng*) dan jamur Enoki lebih kurang Rp. 4.900 aja /bks di supermarket. cukup murah kan untuk kesehatan dan kecantikan kita?

Tidak ada komentar: