Rabu, 20 Juli 2011

Perawatan wajah menurut tipe kulit

Hari ini gw mw posting tentang perawatan menurut tipe kulit ah,
ada 3 jenis tipe kulit wajah, yaitu
  • Kulit Kering
  • Kulit Berminyak
  • Kulit Kombinasi



    Untuk kamu yang bertipe Kulit Kering, pada umumnya tipe ini adalah kulit yang sangat kekurangan air dan minyak serta rapuh dan mudah muncul sel kulit mati. Ketika mencuci muka, jangan mencuci terlalu bersih atau jangan sering mengelupas sel kulit mati. Gunakanlah kosmetik yang memberikan kelembapan dan minyak. Lakukan pemijatan 1-2 kali seminggu untuk merangsang sekresi kelenjar minyak.

    Tapi, kalau kulitmu bertipe Kulit Berminyak, maka tipe kulit ini adalah tipe yang banyak mengeluarkan sebum alias berminyak -_-
    Pori-pori kulit wajah besar dan sering muncul jerawat. Tidak nyaman karena make-up sering terhapus atau tidak tahan lama. Tapi, di satu sisi, dengan perlindungan minyak yang banyak, penuaan kulit jadi melambat. Mencuci muka sampai bersih dan menghilangkan sel kulit mati dengan teratur. Biasanya harus membersihkan semua sebum yang dikeluarkan dengan kertas minyak. Untuk kosmetik, gunakanlah produk yang kadar minyaknya sedikit dan memberi rasa segar.

    Nah, tipe kulit yang terakhir adalah Kulit Kombinasi, yaitu wajah yang memiliki banyak minyak di daerah T (hidung dan dahi), tapi relatif kering di daerah U (pipi dan dagu). Banyak perempuan yang memiliki tipe kulit kombinasi, yaitu kering dan berminyak. Jadi, bukannya keseluruhan kulit dirawat dengan satu macam pola, tapi rawatlah dengan membaginya sesuai daerah tipe kulit. Contohnya, di daerah T tetap hilangkan sel kulit mati dan kendalikan minyaknya dengan kosmetik untuk kulit berminyak. Serta penuhilah minyak di daerah U dengan produk untuk kulit kering.

    Dan, jangan berpikir kalau tipe kulit kita hanya akan satu macam tipe untuk selamanya. Karena kondisi kulit berubah tergantung musim dan usia, perawatan kulit juga jadi beragam. Kalau diambil contoh di negara dengan empat musim, di musim panas kulit jadi terlalu kering, setelah mencuci muka hanya dioleskan toning dan essence cair dengan singkat. Tapi, di masa pergantian musim seperti musim semi dan musim gugur, kulit berubah jadi tipe kombinasi. Sebagai tambahan, di daerah U dioleskan lagi krim pelembap. Ketika musim dingin, kulit jadi sedikit kering. Jadi, dioleskan krim nutrisi sebagai tambahan.

    Jadi, kenalilah kulitmu sendiri karena cuma kamu yang paling tau kapan kondisi kulitmu menjadi tipe kering, berminyak atau kombinasi. Sehingga, kamu tidak salah memberikan perawatan untuk kulitmu dan supaya kulitmu selalu Happy ^^


    *Sumber: Fantastic Cosmetic,by Kim Mi-kyung

    Tidak ada komentar: