Sabtu, 02 Juli 2011

Masalah kulit muka Keiko yg sensitif dan perawatannya

Cewe mana sih yg g mau tampil cantik, wajah berseri dan mulus. tidak terkecuali cewe yg tomboy *hayo ngaku aja!*. dan, begitu juga gw meski gw mah g tomboy.
dulu, lebih kurang tiga tahun yg lalu gw pernah stres berat menghadapi masalah jerawat di muka yg super banyak dan besar-besar, sakit pula.
ugh, menyebalkan banget deh!
padahal sewaktu baru menginjak remaja *halah bahasa gw* alias baru puber muka gw baik-baik aja. meski emang berminyak, tapi kalo pun muncul jerawat yah cuma 1-2 dan kalo pun gw pencet-pencet ga pernah masalah. banyak teman yg iri sama kulit wajah gw, putih dan mulus kata mereka *ehem...^^*
bahkan, pak dosen ilmu bahan makanan gw juga memuji kulit muka gw yg mulus di depan kelas. itu waktu semester 2 deh kya-nya.
nah, masalah kulit muka gw mulai muncul waktu semester 5 atau akhir semester 4 *klo g salah  inget* yah, pokoknya tengah kuliahlah. gw inget banget produk yg bikin muka gw ancur kya gitu dan sampe sekarang gw masih trauma tuh klo denger nama produk itu disebut-sebut.
kejadiannya, pulang kuliah gw sama teman gw sholat dulu di masjid kampus trus sehabis sholat teman gw menawarkan krim pelembabnya ke gw. karena sebelum-sebelumnya gw g pernah masalah meskipun ganti-ganti merek, maka gw pakelah. dan, tarrraaa....besoknya langsung nongol si jerawat yg jadi pelopor jerawat-jerawat lainnya. dan, lagi-lagi karena sebelumnya muka gw g pernah masalah meski tu jerawat gw pencet-pencet, maka gw pencetlah. dan, ampuuuun parah deh.
kedua pipi, jidat, dagu juga daerah rahang penuh dengan jerawat yg gatel dan sakit.
rasa percaya diri gw menguap entah kemana, bahkan pake bedak pun jadi menyakitkan. muka gw merah kya udang rebus. kya-nya smua orang tuh ngeliatin gw aja klo di tempat umum, *padahal g kali ya* setiap naik angkutan umum gw pasti menunduk, pokoknya kepala tuh serasa berat buat diangkat deh. ade-ade gw pada ngeledekinlah, dan ketemu lagi sama pak dosen yg waktu itu muji muka gw pun kaget banget.
stres? jelaslah.

banyak produk untuk jerawat udah gw coba --gw udah lupa apa aja-- dari yg murah sampe medium *g sanggup beli yg mahal-mahal* tapi hasilnya nihil.
akhirnya, gw pake concealer untuk sedikit menutupi radang jerawat gw.
dan, saran gw untuk kalian yg berjerawat jgn coba-coba pake scrub klo g itu butirannya bakal nyelip masuk ke dalam jerawat dan bikin makin meradang.
dua bulan-an sejak muka gw berubah jadi kya permukaan planet mars atau bulan atau jalanan rusak, teman SMA gw datang dan menyarankan untuk berobat ke tempat perawatan kulit di daerah BSD, dr. Liz. karena jerawat adenya sembuh setelah dirawat di situ. kata dokter kulitnya, jerawat gw itu emang jenis yg meradang dan juga bertumpuk, jadi ada jerawat di atas jerawat. kebayang g sih gimana rasanya? gatal dan sakit.
nyokap pun menyarankan untuk mencoba dan gw pun setuju. gw sebenarnya udah pasrah aja.
dan, alhamdulillah gw cocok sama pengobatan yg dikasih klinik ini. gw cuma dua kali sih datang perawatan. seterusnya gw rawat sendiri aja.
Mulailah, gw memperhatikan kulit gw. melintas dipikiran gw, jeruk nipis itu kan kaya akan vitamin C jadi mungkin bisa membantu untuk menghilangkan bekas jerawat yg item-item skalian mencerahkan dan juga madu yg kaya akan antibiotik mungkin bisa membantu mengurangi radang (gw pake madu merek Langnese, karena cuma madu ini yg cocok di muka gw). dan, kedua pikiran gw itu betul. akhirnya gw lanjutin sampe sekarang. --madu juga berkhasiat untuk melembabkan kulit wajah, jadi klo kelembaban kulit muka terjaga pasti pake bedak tuh nyatu ke kulit-- sesekali gw juga pake minyak zaitun ke muka, sambil memijat ringan untuk melancarkan peredaran darah.
gw g pernah lagi tertarik sama produk khusus kulit berjerawat, sekarang gw udah menemukan produk yg cocok dan g akan ganti-ganti lagi. yaitu, krim L'oreal white perfect untuk kulit sensitive juga variannya, spt facial foam dan toner. klo toner sih jarang-jarang pakenya, paling klo habis pake make up dalam waktu lama atau habis jalan yg terpapar banyak debu.untuk menghilangkan noda jerawat sewaktu masih parah, gw pakL'oreal Radiance Boosting, tapi cuma satu botol kok.


baru-baru ini gw juga pake BB cream dari The Skin food yg Mushroom. cukup bagus untuk mengontrol kadar minyak di muka, worth it lah dengan harga yg ditawarkan setelah masuk Indonesia Rp. 300rb plus plus.


Sedangkan, untuk bedak gw pake all-in-one face base dan Loose face powder-nya The Body Shop.
kulit muka gw g pernah cocok sama bedak padat tapi sama all-in-one face base dari TBS ini kulit muka gw g complain dan juga terasa ringan di muka padahal bedak ini udah sekalian foundation.

yg ini kemasan'a udh aku buang



 nah, teman sekian cerita gw tentang kulit muka gw yg berjerawat. yang penting adalah tetap positive thinking dan klo udah ketemu produk yg cocok jgn ganti-ganti lagi.
dan, g ada salahnya kembali ke alam kan?
dan, hasil dari usaha jangka panjang gw adalah kulit muka gw kembali bersih meski g semulus dulu, karena masih ada sedikit jejak yg ditinggalkan oleh para jerawat yg dulu menjajah muka gw, ditambah satu parut di tengah jidat bekas cacar air beberapa bulan yg lalu.
Semangat ya teman-teman yg masih punya masalah sama kulit muka!

*karena foto-foto muka gw waktu jerawatan g ada soft copy-nya, jadi g bisa gw share. mungkin lain kali gw scan kali yah. klo kulit muka yg sekarang sih bisa liat di profile pic.

Update 10 Maret 2012
Nah, inilah tampang gw sewaktu gw berjerawat. Cukup parah kan???
Sori ya klo ga begitu bagus hasil fotonya karena ini gw foto dari foto.


Dan, ini adalah foto-foto muka gw sebelum berjerawat.

Mulus kan?
Nah, gimana ga stres coba waktu muka gw terkena serbuan jerawat yg bejibun begitu?
Tapi, alhamdulillah setelah 2 tahun sejak berjerawat parah, muka gw akhirnya sudah kembali bersih meski ga sebersih dulu sih. Seneng banget karena hasil usaha gw selama 2 tahun ga sia-sia, padahal gw cuma pake masker natural ^^

Dan, inilah penampakan muka gw sekarang


So, never give up friends... coz we know we can!

2 komentar:

hafifa fita sari mengatakan...

mau nanya nih, aku juga punya masalah jerawat di wajah, tp nda terlalu parah sih sperti mbaknya. heheheh... kidding.. yg mw aku tanyain, mbak pake jeruk nipis n madu nya berapa kali seminggu? makasih...

Evi Vitriani mengatakan...

Makasih blog y sangat membantu :)